Para pemilik anjing pasti sudah sangat mahfum dengan kebiasaan hewan kesayangannya mengunya segala jenis barang, dari sandal jepit sampai kabel. Kebiasaan tersebut memang dimiliki hampir semua anjing terutama anjing yang masih relatif muda dan tidak terlatih. Tapi tahukan ahda bahwa kebiasaan yang sama juga bisa dimiliki oleh seekor kucing? Meskipun tidak semua kucing memiliki kebiasaan seperti itu, tidak berarti kebiasaan itu tidak bisa dimiliki oleh seekor kucing. Sering kali kebiasaan mengunyah itu merupakan salah satu cara kucing kesayangan kita mengatasi stress yang dialaminya.

Pada saat kucing kesayangan kita masih kecil, mungkin terasa lucu dan menggemaskan saat dia menggigit jari atau rambut kita. Tapi ketika kebiasaan itu berlanjut sampai dewasa dan mulai merambah pada barang yang kadang-kadang cukup berharga, pastinya sudah tidak lucu lagi. Memang dengan mulutnya yang mungil kucing tidak bisa mengunyah barang-barang besar seperti halnya anjing. Tapi barang-barang kecil tidak berarti harganya juga kecil. Sebut saja contohnya kabel charger handphone yang untuk merk-merk tertentu harganya relatif mahal. Atau mungkin kacamata, sering kali yang dikunya tidak hanya pangkal pengaitnya saja tapi juga kacanya.

Mengapa Kucing Suka Mengunyah Barang?

Sering kali mengunyah dilakukan kucing karena rasa tidak nyaman pada mulutnya dan giginya, entah sekedar gatal atau bahkan mungkin sakit. Sama seperti yang terjadi pada manusia, kucing juga memiliki gigi susu yang akan tanggal dengan sendirinya sebelum diganti oleh gigi dewasa yang lebih kuat dan bersifat permanen. Pada masa transisi ini biasanya anak-anak cenderung suka menggigit dan mengunyah apapun, demikian juga dengan anak kucing. Biasanya kebiasaan itu akan hilang seiring tumbuhnya gigi dewasa. Meskipun demikan pada sebagian kucing kebiasaan tersebut terus terbawa sampai mereka dewasa.

Selain itu sebagian kucing menjadikan aktivitas mengunyah sebagai cara untuk menanggulangi stress, terutama stress yang diakibatkan rasa bosan. Artinya jika kucing kita tidak memiliki cukup banyak aktivitas untuk menyalurkan energi yang dimilikinya, kemungkinan dia memilih mengunyah sebagai salah satu cara untuk menyalurkannya. Tapi meskipun ada kemungkinan ini, kita sebagai orang awam kemungkinan tidak tahu pasti. Jadi jika kucing kesayangan anda memiliki kebiasaan mengunyah alias menggigit-gigit barang, perlu juga dibawa untuk diperiksa dokter untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan mulut dan gigi yang menyebabkan dia merasa tidak nyaman.

Haruskah Kebiasaan Mengunyah Pada Kucing Dihentikan?

Meskipun nampak sebagai masalah kecil, kebiasaan mengunyah pada kucing sebaiknya tidak dibiarkan karena bisa berbahaya. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan dan si kucing memilih barang yang cukup keras untuk dikunyah, lama kelamaan bisa merusak lapisan permukaan giginya. Mengunyah kabel yang didalamnya tersalur aliran listrik selain bisa membahayakan si kucing bisa juga membahayakan manusia. Bayangkan kalau kabel beraliran listrik tergigit sehingga menyebabkan hubungan arus pendek alias korsleting yang bisa memicu kebakaran. Selain itu kucig juga bisa “salah pilih” dengan mengunyah barang-barang yang ternyata beracun. Perlu difahami bahwa barang-barang yang aman dan tidak beracun juga bisa saja mengeluarkan kandungan berbahaya saat tergigit.

Bagaimana kalau dia memilih untuk menggigit bagian tubuh kita, jari misalnya. Lumayan sakit lho!

Cara Mengatasi Kebiasaan Mengunyah Pada Kucing

Yang pertama adalah memastikan keselamatan si kucing. Kalau kucing kita mempunyai kebiasaan mengunyah, pastikan hal-hal yang bisa berbahaya seperti kabel terutama yang beraliran listrik, bahan-bahan beracun, dan lain-lain aman dan tidak terjangkau. Meskipun kita akan mencoba menghilangkan kebiasaan mengunyah yang dimilikinya, tidak berarti si kucing akan serta merta kehilangan kebiasaan tersebut langsung dan permanen. Bahkan tidak ada jaminan juga kalau usaha yang kita lakukan akan berhasil. Langkah berikutinya mencari penyebabnya, apa yang membuat kucing kesayangan kita tertarik untuk mengunyah. Pada anak kucing, bisa jadi itu merupakan hal alami saat pergantian gigi. Kalau itu yang terjadi, kita memang tidak bisa menghentikannya. Setelah mengamankan hal-hal yang bisa berbahaya kalau tergigit, berikan dia mainan yang khusus dibuat untuk digigit-gigit. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya di pet shop langganan.

Kebiasaan menggigit-gigit yang tidak terlalu parah mungkin bisa dibiarkan. Amati untuk mengetahui apakah ada hal-hal di lingkungan si kucing yang mungkin memicu stress. Biasanya dengan menghilangkan faktor-faktor pemicu stress seperti ini saja kebiasaan mengunyah pada kucing bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan kebiasaan mengunyah pada kucing:

  1. Ajak kucing bermain setidaknya sehari sekali. Luangkan waktu yang cukup. Mengajaknya melakukan aktivitas yang berbeda bisa mengurangi tingkat stress si kucing.
  2. Ganti makanannya. Berikan makanan yang membuat mereka harus mengunyah untuk mengkonsumsinya. Bisa dalam bentuk makanan kering atau biskuit.
  3. Jadikan taman berumput sebagai bagian dari lingkungan hidup kucing. Selain mengurangi kebosanan, dia bisa mengunyah sesuatu yang aman, seperti rumput.
  4. Buat lingkungan tempat tinggal kucing menarik dan memancing aktivitas, sediakan mainan, tempat untuk naik turun, dll.
  5. Jika kebiasaan mengunyah masih sulit dikendalikan, sediakan bahan-bahan aman untuk dikunyah.