Tahukah anda bahwa kaldu tulang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan? Manfaat kaldu tulang ini tidak hanya baik untuk manusia tetapi juga untuk kesehatan kucing. Karena itu jangan heran kalau sekarang mulai banyak pemilik anjing dan kucing yang memberikan kaldu tulang untuk anjing dan kucing peliharaan mereka. Untuk begitu banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kucing kita, kaldu tulang juga sangat mudah dibuat dan tidak membuat kita harus merogoh kantong dalam-dalam.

Cara Membuat Kaldu Tulang

Membuat kaldu tulang bukanlah sesuatu yang rumit, cukup dengan merebus tulang di dalam air. Hanya saja supaya pelepasan vitamin dan mineral dari tulang ke dalam air terjadi secara maksimal, direbusnya harus cukup lama, sebaiknya setidaknya 24 jam. Setelah perebusan selesai, harus segera disaring dan tulangnya dibuang. Meskipun mungkin kucing apalagi anjing menggemari tulang, sebaiknya jangan membiarkan mereka memakan tulang yang sudah direbus demikan lama.

Jangan menambahkan bumbu apa-apa. Garam, apalagi kalau jumlahnya cukup banyak, merugikan kesehatan kucing kita. Demikian juga bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Bahan lain seperti sayuran bisa saja ditambahkan, tetapi sama dengan tulangnya, setelah selesai merebus juga harus dibuang. Kalau kita memasak kaldu tulang bukan hanya untuk kucing tetapi juga untuk kita, rebuslah dulu tanpa bumbu, pisahkan sebagian untuk kucing kita, baru kemudian tambahkan bumbu-bumbu sesuai selera, sehingga kaldu yang berbumbu tidak dikonsumsi kucing.

Cara Memberikan Kaldu Tulang Pada Kucing

Seperti makanan lainnya, tidak semua kucing menyukai kaldu tulang. Ada yang suka banget, ada yang biasa-biasa saja, ada yang sama sekali tidak mau. Kalau kucingnya suka, kaldu tulang bisa diberikan sebagai minuman. Kalau tidak, kita bisa menambahkan beberapa sendok ke dalam makanan basah. Kalau anda hanya memberikan makanan kucing kering untuk kucing anda, menambahkan kuah kaldu tulang akan membuatnya lebih sedap. Tergantung seberapa besar kucingnya, berikanlah seperempat sampai setengah cangkir setiap hari, atau bisa juga selang sehari.  Jangan memberikan kaldu tulang pada anak kucing di bawah usia 6 bulan karena kandungan gelatin yang lepas dari tulang dapat menyebabkan diare.

Manfaat Kaldu Tulang Untuk Kesehatan Kucing

Manfaat konsumsi kaldu tulang pada kesehatan kucing tidak terlalu jauh berbeda dengan manusia. Karena kaldu tulang kaya akan mineral, kaldu tulang juga sangat bermanfaat untuk kucing yang sudah beranjak tua, selain untuk kekuatan tulang dan persendian juga untuk mempertahankan sistem imunnya.

Untuk Kesehatan Sendi – Kaldu tulang kaya akan glycosaminoglycans, asam hyaluronic, dan chondroitin. Ketiga nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga dan memperbaiki kekuatan persendian. Seperti juga manusia, kucing yang sudah beranjak tua semakin sensitif terhadap masalah tulang dan persendian. Pengeroposan dan arthritis merupakan beberapa masalah tulang dan sendi yang sering terjadi pada kucing tua.

Kesehatan PencernaanGelatin yang terkandung dalam kaldu tulang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mengontrol bakteri, dan melancarkan pergerakan makanan dalam sistem pencernaan. Biasanya kandungan gelatin dalam kaldu tulang yang diberikan sesuai jumlah yang disarankan sudah cukup untuk menjaga sistem pencernaan kucing tanpa perlu tambahan suplemen lainnya.

Kesehatan HatiGlycine yang terkandung dalam kaldu tulang dapat membantu hati untuk melakukan detoksifikasi, membuang semua racun sehingga hati bisa berfungsi dengan sempurna. Seperti kita ketahui, ada banyak hal yang bisa membuat hati dipenuhi oleh kandungan bahan-bahan beracun, stress, racun yang masuk lewat makanan, parasit, sampai obat-obatan seperti antibiotik dan vaksin.

Hanya itu saja? Tidak, masih banyak manfaat lain dari konsumsi kaldu tulang untuk kesehatan kucing. Berikut beberapa diantaranya.

  • Bulu yang lebih sehat, lebih tebal dan lebih bersinar.
  • Kulit lebih lembut, masalah kulit kering akan teratasi dengan konsumsi kaldu tulang secara teratur.
  • Menjaga kesehatan mata dan kekuatan gigi.
  • Menjauhkan penyakit seperti flu dan sejenisnya.
  • Mengurangi alergi.
  • Memperkuat sistem imun tubuh.
  • Memberikan energi tambahan untuk beraktivitas.
  • Membantu menjaga berat badan ideal.
  • Mencegah pembentukan batu ginjal dan kandung kemih.